Resep French Fries Homemade, Anti Melempem

- Jumat, 23 September 2022 | 20:29 WIB
Resep French Fries Homemade, Anti Melempem (freepik)
Resep French Fries Homemade, Anti Melempem (freepik)
URBAN BEKASI - French Fries adalah hidangan yang dibuat dari potongan-potongan kentang yang digoreng dalam minyak goreng panas.
 
Di dalam menu rumah-rumah makan, kentang goreng yang dipotong panjang-panjang dan digoreng dalam keadaan terendam di dalam minyak goreng panas disebut French Fries.
 
Sejarawan Belgia bernama Jo Gerard menyatakan bahwa resep kentang goreng french fries sudah ada di Belgia sejak tahun 1680.
Pada waktu itu, penduduk miskin di daerah lembah Sungai Meuse antara Dinant and Liège mempunyai kebiasaan makan ikan kecil yang digoreng.
 
Naahh, udah tau kan sejarah French Fries. Gimana kalo kali ini aku bagi Resep French Fries Homemade buat teman-teman dirumah.
 
Langsung ke resepnya aja yuk, pertama kita perlu siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu.
Bahan-bahan:
• 2 buah kentang 
• 1 sdm garam halus
• 70 gr tepung maizena
• Minyak goreng
• 5 gr aonori rumput laut
• Mayones
• Garam
 
Setelah semua bahan disiapkan lanjut pada proses pembuatannya.
 
Cara pengolahan:
1. Pertama, potong-potong kentangnya ukurannya bebas. Disini aku potong seukuran kentang goreng di McD.
2. Tahap selanjutnya yaitu siapakan air didalam wadah, lalu rendam kentangnya ke dalam air, kemudian tambahkan 1 sdm garam halus dan rendam selama 1-3 jam.
3. Setelah selesai direndam, tahap berikutnya yaitu buang air sisa rendalam kentang lalu bilas kentang hingga airnya menjadi jernih.
4. Selanjutnya, panaskan air dan rebus kentang yang sudah dibilas tadi.
5. Rebus kentang hingga matang dan kemudian tiriskan (jika kentangnya tidak direbus maka akan melempam)
6. Berikutnya yaitu kentang yang sudah direbus dan ditiriskan tadi dikasih 70 gr tepung maizena.
7. Tahapan melumuri kentang dengan tepung perlu dilakukan supaya kentangnya crancy.
8. Kemudian, panaskan minyak goreng dan goreng kentang di api besar dan jika agak kokoh, kita bisa kecilkan apinya dan lanjut goreng selama 3-4 menit supaya bagian dalam kentangnya lembut.
9. Setelah itu tiriskan kentang dan biarkan kentangnya dingin terlebih dahulu.
10. Dan untuk cocolannya, kita campur 5 gr aonori rumput laut dan mayones kemudian diaduk hingga merata.
11. Terakhir, kita goreng kentangnya sekali lagi di api besar selama 1 menit atau kurang, jika sudah matang angkat dan bumbui dengan garam supaya gurih.
12. Dan kentang goreng McD 
 
Gimana? Gampang banget ga sih bikinnya. Dan buat yang mager keluar rumah ini cocok banget.
 
Bisa dijadiin cemilan nonton drakor juga loh.***
 
 
 

Editor: Arifka Brilliana

Sumber: Devina Hermawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Nasi Bayar Ayam Kemangi

Senin, 26 September 2022 | 14:13 WIB

Resep Ayam Goreng Mentega, Cocok Banget Buat Anak Kost

Jumat, 23 September 2022 | 20:32 WIB

Resep French Fries Homemade, Anti Melempem

Jumat, 23 September 2022 | 20:29 WIB

Resep Ayam Lada Hitam, Gurih dan Bikin Nambah Terus

Jumat, 23 September 2022 | 06:16 WIB

Resep Ikan Lele Sambal Kemangi, Cocok dengan Nasi Panas

Kamis, 22 September 2022 | 23:40 WIB

Resep Kolak Singkong dan Pisang yang Bikin Ngiler

Kamis, 22 September 2022 | 23:14 WIB
X